Penyebab Batu Ginjal Dan Cara Mencegahnya

Penyebab batu ginjal memang susah dikenali, terlebih kalau masih dalam periode awalnya. Sebelum membahas lebih dalam mengenai penyebab penyakit batu ginjal, ada baiknya kita harus mengetahui apa itu penyakit batu ginjal. Salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai system ekskresi pada manusia yaitu untuk mengeluarkan atau ekskresi zat-zat sisa metabolism tubuh untuk pembentukan urine di sebut dengan Ginjal.

Penyebab Penyakit Gagal Ginjal
Penyebab Penyakit Gagal Ginjal

Dalam jangka waktu yang lama fungsi ginjal bisa menurun dan mengakibatkan ginjal menjadi rusak dan terganggu hal ini menyebabkan “penyakit ginjal”. Gangguan atau kerusakan ini di sebabkan oleh racun, infeksi atau obat-obatan yang memiliki efek samping yang dapat merusak ginjal. Apabila fungsi ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka sisan metabolism yang di keluarkan tubuh akan tergumpal menjadi racun bagi tubuh kita.

Ada beberapa ciri-ciri seseorang yang terkena penyakit Ginjal yaitu:

Pada awalnya penyakit ginjal sangatlah halus, sehingga penyakit ginjal ini sering tidak disadari oleh mereka. penyakit ini berlangsung selama bertahun-tahun, dan yang termasuk penyakit terparah dalam penyakit ini adalah gagal ginjal. Perut yang keras dan buncit, susah buang air kecil maupun air besar adalah ciri-ciri penytakit ginjal yang utama.

Contoh ciri-ciri pebyakit ginjal yang lain yaitu:

  • Mual dan muntah
  • Terjadinya bengkak pada mata dan kaki seseorang
  • Terasa nyeri dan sakit pada saat kencing
  • Demam yang tinggi
  • Sering mengeluhkan sakit pada pinggang
  • Pada saat kencing bisa keluar darah
  • Sering bangun pada tengah malam dan terbangunnya itu hanya untuk kencing
  • Perubahan warna struktur air seni
  • Memiliki tekanan darah tinggi
  • Mudah lelah badan terasa lemas dan lesu
  • Akan terjadi pembengkakan di tubuhnya
  • Nafas pendek
  • Sering merasakan ngantuk
  • Tubuh merasa kedinginan
  • Rasa gatal berlebihan atau sering disebut kulit ruam

Ginjal merupakan organ terpenting dalam tubuh yang berperan penting untuk kelangsungan hidup seseorang. Penyakit ginjal adalah salah satu penyakit yang yang sangat berbahaya apabila tidak cepat ditangani oleh medis. Penyakit ini bisa menimpa seseorang secara tiba-tiba sehingga seseorang harus lebih waspada dengan penyakit ini. Penyakit ginjal ini tentu mempunyai gejala-gejala, namun gejala yang sering terjadi pada seseorang tidak sering terlihat karena sifatnya hanya memperburuk keadaan seseorang dari waktu-kewaktu.

Penyakit ginjal semakin kronis apabila dibiarkan begitu saja. Gejala penyakit bisa terjadi jika tubuh kita tidak sehat. Penyakit ginjal diketahui oleh penderitanya apabila sudah memasuki fase yang parah.

GEJALA AWAL PENYAKIT BATU GINJAL

Apabila seseorang telah mengetahui gejala penyakit ginjal ini lebih awal maka segera harus melakukan penyembuhan lebih awal. Penyakit diabetes juga berpengaruh pada penyakit ginjal.

GEJALA PENYAKIT BATU GINJAL AKUT

Berkurangnya nafsu makan dan juga penurunan berat badan

Makanan dalah unsur terpenting bagi tubuh manusia untuk memperlancar aktivitas dengan baik, tetapi kebanyakan dari seseorang yang melupakan makanan karena kesibukannya di dalam melakukan aktivitas yang sangat padat. Hal inilah yang menjadi slah satu pemicu dari timbulnya penyakit ginjal. Makadari itu kita harus menjaga pola makan yang baik dan sehat agar tubuh kita terpenuhi asupan gizinya.

Pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki dan tangan

Dapat kita ketahui bahwa fungsi ginjal yaitu sebagai penghilang cairan yang tidak diperlukan tubuh atau sebagai ekskresi tubuh. Namun apabila ginjal tidak mampu melakukan fungsinya maka cairan yang tidak diperlukan dalam tubuh akan membangun ruang di dalam tubuh kita dan akhirnya menimbulkan pembengkakan yang serius pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti: wajah, tangan, dan bagian kaki hal ini disebabkan karena meningkatnya air yang ada didalam tubuh.

Kelelahan dan juga sesak nafas

Rasa lelah dan juga sesak napas merupakan ciri penyakit ginjal yang berikutnya. Hormone eritropoietin adalah hormone yang terdapat pada ginjal, apabila fungsi ginjal dalam tubuh berkurang maka akan muncul hormon ini. Hormon eritropoietin yaitu hormon yang membantu ketika membawa oksigen sel darah merah atau trombosit keseluhbagian tubuh. Apabila ginjal kekurangan hormon ini mnaka ginjal akan kekeurangan sel darah merah yang disebarkan ke seluruh bagian tubuh. Yang pada akhirnya menyebabkan penderita sangat mudah merasakan kelelahan dengan sangat cepat dan juga sering disebut animea. Penderita anemia biasanya aan sering mengalami keletihan meskipun penderita itu tidak melakukan kegiatan yang berat, dan penderita akan lebih sering menarik nafasnya.

Leave a comment